Cara Menghindari Kelelahan di Sore Hari

lelah

lelah

Jam masih menunjukkan pukul empat sore, kurang satu jam lagi untuk pulang kantor. Tapi rasanya tubuh sudah lelah, namun pekerjaan masih ada yang belum terselesaikan dan masih harus duduk di tempat yang sama.

“Seiring waktu, ketegangan pada otot dapat terjadi, dan akhirnya menjadi capek dan kelelahan fisik,” kata Erik Peper, profesor di Institut Ilmu Kesehatan Holistik di San Francisco State University seperti dilansir FoxNews.

Jika pekerjaan mengharuskan banyak bertatap muka dengan layar monitor, maka akan makin banyak waktu yang dihabiskan dengan duduk. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan energi di tempat kerja dan menghindari kelelahan di sore hari

1. Istirahat singkat 2 detik
Ketika menggunakan mouse atau keyboard, secara tidak disadari otot-otot tubuh menegang. Sebenarnya, tidak banyak bergerak pada dasarnya tidak akan menggerakkan serat otot. Ketegangan akan mulai muncul ketika tubuh mengalami kelelahan secara luas.

Agar dapat bersantai, istirahat selama satu sampai dua detik saja sudah cukup. Cobalah untuk meletakkan tangan di pangkuan kaki dan biarkan lengan, bahu dan tangan melemas dan perut menjadi rileks.

Untuk mengingatkan saatnya melakukan istirahat singkat, berikan penanda pada aktivitas yang sering dilakukan. Misalnya, istirahat singkat bisa dilakukan setiap kali mendapat email atau panggilan telepon, atau ketika sedang membaca di komputer dan tidak melakukan aktivitas apapun, atau bisa juga dilakukan pada setiap akhir kalimat yang diketik.

2. Tarik napas dalam-dalam
Sama seperti kebiasaan mengepalkan otot-otot ketika melakukan keterampilan motorik halus di depan komputer, bernapas pendek-pendek juga bisa sering dilakukan saat bekerja di depan komputer. Cobalah menahan napas selama beberapa detik saat melakukan keterampilan motorik halus.

Lebih efektif jika menarik napas dalam-dalam lewat diafragma dibandingkan menarik napas lewat dada. Tariklah napas sampai perut membesar dan kempiskan perut saat mengeluarkan napas. Menarik napas dalam-dalam akan merilekskan semua otot.

3. Berjalan-jalan
Jika memiliki waktu di sore hari, daripada meminum secangkir kopi atau soda, akan lebih baik jika berjalan-jalan selama 20-menit. Berolahraga meningkatkan energi dan menghilangkan ketegangan otot.

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa makan setelah berolahraga akan memberikan dorongan energi pada otak. Teorinya, olahraga juga akan meningkatkan fungsi otak. Berjalan cepat dan diteruskan dengan memakan snack rendah lemak akan menjadi kombinasi sempurna.

4. Menggoyangkan tubuh dan menggeliat
Menggeliat juga bisa menguatkan tubuh dan melepaskan ketegangan otot. Cara ini dapat dilakukan tanpa diketahui orang lain dan sangat sederhana. Putar-putarlah pergelangan kaki, ketuk-ketukkan kaki ke lantai, atau pukullah bahu dengan lembut.

5. Makan protein untuk sarapan
Sarapan sereal, nasi, atau roti kaya akan karbohidrat. Karbohidrat memang dapat memberi tambahan energi karena cepat diubah menjadi gula yang digunakan untuk menghasilkan energi. Sayangnya, lonjakan energi yang dihasilkan tidak berlangsung lama.

Untuk menambah energi lagi, makanlah protein bersama dengan karbohidrat untuk memperlambat pencernaan. Cobalah menyantap roti panggang yang dioleskan selai kacang, keju, telur rebus, yogurt, kacang atau sarapan yang tinggi protein

Sumber: infojakarta.

Kesehatan:

  1. Suasana kantor berisik ini cara mengatasinya.
  2. Cara reda stres di kantor saat jam istirahat
  3. Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan
  4. Es teh perbesar resiko batu ginjal
  5. Durian bermanfaat bagi kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s