Tradisi Idul Firi di berbagai Negara.

Ketupat

Ketupat

Tidak menyangka, ternyata Idul Fitri atau bulan Ramadhan selain di Indonesia mempunyai tradisi tersendiri ternyata di berbagai belahan dunia terdapat tradisi unik yang hanya terjadi pada bulan Ramadhan. dan salah satu terungkap di bawah ini.1. India, New Delhi

Di India malam terakhir di bulan puasa disebut sebagai Chand Raat atau malam bulan. Biasanya para warga akan sibuk membeli baju baru untuk dikenakan keesokan harinya. Untuk kaum wanitanya akan sibuk mempercantik diri dengan melukis tangan mereka dengan Henna. Hidangan khusus seperti halnya ketupa di Indonesia di India terdapat siwiyaan, yakni campuran bihun manis dengan buah kering dan susu juga di pesiapkan untuk menyabut perayaan Idul Fitri.

2. Turki.

Hari raya Idul Fitri di Turki dikenal dangan istilah Festival Gula atau Seker bayram. Sebutan tersebut muncul dari tradisi saling mengantar manisan di hari kemenangan. Diawali dengan tradisi sungkeman seperti di Indonesi yang dilakukan oleh kalangan muda untuk menghormati para orang tua dengan memberikan kecupan sambil menucapkan doa. Kemudian para orang tua pun membalas dengan kecupan dengan di kedua pipi sebagai simbol kasih sayang.

3. Iran.

Di Iran , Idul Fitri disebut Eyde fetr, Aneka hidangan yang terbuat dari daging biasanya akan tersaji. bahan yang biasa di pakai adalah daging domba atau sapi. sesuai dengan tradisi, Masyarakat Iran tidak hanya menikmati makan itu sendiri, tetapi membagikan kepada orang-orang yang membutuhkan dan berkekurangan

4. Arab Saudi

Di Arab Saudi, saat Hari Raya Idul Fitri tiba sebagai bentuk tanda syukur biasanya aneka macam hadiah akan dibagikan.Orang yang lebih tua kan membagikan  hadiah kepada yang lebih muda.

Selama peryaan para peria di Arab Saudi memiliki tradisi menggunakan thoub atau baju tradisonal berupa jubah panjang berwarna putih lengkan dengan selendang Ogal. Dan sama dengan India, para wanitanya pun akan melukis henne ditangan mereka dalam menyambut hari kemenangan.

5.Maroko.

Mereka juga mempunyai tradisi membeli baju baru dan anak-anak pun kerap menerima hadiah berupa uang dari kerabat. Menjelang Idul Fitri, kaum perempuan sibuk di dapur menyiapkan kue khas Maroko. Bila tidak membuat sendiri, warga juga biasanya membeli kue dan permen dari toko lokal.

Menu utama Idul Fitri di Maroko adalah couscous, yakni daging domba atau sapi yang diolah dengan plum, ayam dengan diawetkan lemon dan zaitun, ayam bastilla dan daging brochettes.

oke sudah dulu saat ini, dan akan kita lanjutkan untuk negara-negara lainya..:)

Sumber: View Tv Guide.

Artikel terkait:

  1. Nasi goreng indonesia tempatnya.
  2. 10 jus terbaik kaya manfaat.
  3. Indonesia kaya akan makanan krupuk tradisional.
  4. Mengenal lebih jauh Antioksidan
  5. Manfaat lain kopi
  6. Sambel ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s