Kendaraan pribadi baru atau bekas

Lampu MobilBuat bahan pertimbangan..
Kendaraan pribadi nampaknya sudah menjadi bagian dari kebutuhan terutama untuk warga Jakarta. Namun ada beberapa pertanyaan yang kerap kali muncul saat kita mempertimbangkan hal tersebut. Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi bahan pertimbangan kita saat akan memutuskan nantinya. Berikut adalah lima pertanyaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda: 

1. Beli mobil bekas atau baru?

Idealnya setiap orang ingin memiliki mobil baru. Penting untuk diingat bahwa mobil itu bukan investasi. Bahkan, mobil merupakan salah satu alat yang mengalami penurunan nilai terbesar di tahun pertamanya. Oleh sebab itu, pikirkan bagaimana tingkat utilisasi mobil anda kelak. Selain itu, keunggulan membeli mobil baru adalah adanya paket jaminan servis dari dealer mobil umumnya untuk 3 tahun pertama.

Bila membeli mobil bekas, penting sekali untuk anda mengetahui sejarah mobil yang anda beli. Selain itu, jangan ragu untuk membaca ulasan pakar atau pun mantan pengguna di koran atau majalah tentang jenis dan merek mobil tersebut. Jangan sampai anda mengurangi anggaran beli di awal, namun nantinya mobil terus-menerus masuk bengkel dan butuh biaya perbaikan tinggi.

2. Sebaiknya tunai atau kredit?

Di saat bunga kredit sedang tinggi seperti saat ini, tentu saja akan lebih baik bila kita membeli secara tunai. Sehingga, arus kas bulanan dapat disisihkan lebih besar untuk kepentingan tabungan dan investasi, selain digunakan untuk biaya hidup. Namun, bila dananya belum mencukupi sedangkan kebutuhan sudah mendesak, maka pilihannya tentu secara kredit.

Tips Bila Membeli dengan Kredit

Total Biaya Pembelian Mobil = Harga Beli + bunga kredit + biaya lainnya

Belanja kreditnya sebelum beli mobilnya. Maksudnya, carilah minimal 3 alternatif fasilitas kredit dari 3 bank atau lembaga pembiayaan sebelum anda membeli mobilnya. Bandingkan berapa suku bunga efektif (ilustasi: bunga 6% p.a. flat = 11.5% p.a efektif), biaya administrasi, biaya asuransi, dan provisi .

Jangan lupa untuk menyediakan down payment minimal 35% dari total harga beli mobil dan cicilan mobil (digabung dengan cicilan lain bila ada) tidak lebih 30% penghasilan rutin bulanan.

3. Memiliki mobil sendiri, kesiapan anggaran apa saja yang mesti dipikirkan?

Anda harus tetap ingat bahwa selain pembelian rumah dan biaya pendidikan anak, pembelian mobil termasuk keputusan finansial terbesar dalam hidup. Coba pikirkan hal ini sebelum menghamburkan seluruh uang yang dimiliki untuk membeli mobil impian yang sebetulnya tidak mampu anda miliki. Tetapkan berapa anggaran pembelian mobil dan berpegang kuat pada angka itu. Jangan tergoda oleh bujuk rayu penjual atau pun keinginan impulsif yang mengakibatkan anda membeli mobil diluar batasan kemampuan finansial.

4. Trik hemat saat menggunakan mobil pribadi?

Taatilah jadual servis mobil agar kondisi mobil selalu prima. Hal ini dapat menurunkan tingkat kerusakan mesin sehingga biaya perawatan dapat terkendali.

5. Berapa persen dari penghasilan untuk ditabung untuk mewujudkan rencana beli mobil?

Apa pun rencana finansial anda, jangan lupa bahwa anda tetap harus berinvestasi untuk dana pensiun dan dana pendidikan anak. Di tahap awal, umumnya orang baru mampu menyisihkan 10% dari penghasilan bulanan. Dari jumlah ini, anda dapat gunakan setengahnya untuk ditabung membeli mobil.

Lalu bagaimana bila ternyata anda tidak mampu menyisihkan jumlah yang diperlukan untuk membeli mobil impian? Anda punya dua pilihan. (1) Berpikir realistis dan mengganti mobil impian dengan pilihan lain yang sesuai dengan kemampuan finansial, (2) Mengecilkan porsi pengeluaran untuk keperluan lain sehingga kelebihan arus kas dapat ditabung untuk membeli mobil impian.

Selamat mencoba..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s