7 Cara Reda Stres di Kantor Saat Jam Istirahat

Hampir semua orang pernah merasakan stres di tempat kerja, misalnya pekerjaan yang semakin sulit, rekan kerja yang kurang kooperatif, atau mendapatkan tekanan dari atasan. Stres yang tidak segera diatasi juga telah dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit serius.

Segera lakukan salah satu dari ketujuh langkah mudah pereda stres berikut saat waktu istirahat makan siang tiba, seperti dilansir Huffingtonpost.1. Makan buah jeruk
Mencium aroma buah jeruk ketika Anda mengupas kulitnya, diketahui dapat mengekang stres dan kecemasan. Selain itu, makan buah jeruk juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi rasa mual.

2. Membaca buku selama 6 menit
Ketika Anda mulai merasa stres terhadap pekerjaan di atas meja Anda, cobalah untuk meraih buku favorit Anda dan bacalah selama 6 menit. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa membaca buku, meski hanya 6 menit saja dapat menurunkan tingkat stres.

3. Makan buah alpukat
Selain dapat menurunkan tekanan darah, agar kemarahan Anda tidak meledak-ledak akibat stres, buah alpukat juga dapat membantu Anda lebih rileks. Makanan lain yang dapat membuat suasana hati meningkat, termasuk salmon, kacang almond, dan bayam.

4. Berjalan-jalan di taman
Berjalan-jalan di taman sekitar kantor yang ditumbuhi tanaman hijau, dapat membantu menurunkan tingkat stres dan memungkinkan otak untuk pulih dengan cepat dari ketegangan.

5. Meditasi
Cari tempat yang sunyi di dekat kantor dan berfokuslah pada pernapasan Anda. Bersihkan pikiran Anda sejenak dari pekerjaan yang membuat stres selama 10 menit untuk meredakannya.

6. Tidur siang
Tidur siang selama 20 menit adalah cara yang ampuh untuk mengatasi stres. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga dapat meningkatkan memori, keterampilan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi. Di sisa waktu istirahat makan siang, Anda dapat mencoba pergi ke ruang kesehatan untuk berbaring tidur siang sejenak agar dapat kembali bekerja tanpa stres.

7. Mendengarkan musik
Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dengan melodi yang lembut seperti MOzart, dapat mengurangi stres dibandingkan mendengarkan musik-musik zaman sekarang yang cenderung lebih berisik.

Sumber: Huffingtonpos

Artikel terkait:

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s