Bahan Alami di Rumah yang Bisa Dijadikan Pembersih..

Disadur dari Detik Health

Jakarta, Hanya karena produsen menempelkan label ‘green’ pada produk pembersih, itu tak membuatnya menjadi produk yang benar-benar alami atau ramah lingkungan.

Menurut penelitian American Chemical Society, kebenaran di balik label produk pembersih bisa saja bervariasi karena beberapa produk memang mengandung komposisi berbahaya seperti minyak atau bahan kimiawi lainnya.

Peneliti telah mengukur bahan komposisi lebih dari selusin detergen, sabun pembersih tangan dan sabun cuci piring yang diklaim ‘alami/natural’ dan ‘ramah lingkungan/ecofriendly’.

Hasilnya, komposisi berbahan tanaman yang terkandung dalam sabun pembersih tangan berkisar 28-97 persen, deterjen berkisar 28-94 persen dan sabun cuci piring dari 43-95 persen.

Jadi sebenarnya ada cukup banyak produk berlabel hijau yang benar-benar dibuat dari tanaman, alami dan ramah lingkungan. Namun komposisi berbahan minyak yang berbahaya jumlahnya jauh lebih banyak di dalam berbagai produk pembersih yang banyak beredar.

Masalahnya, bahan-bahan berbahaya ini dapat menyebabkan iritasi pernafasan dan mengganggu hormon karena dibuat dari sumber daya tak terbarukan yang jelas-jelas tak ramah lingkungan.

“Namun jika Anda membuat produk pembersih Anda sendiri, tentu saja takkan diragukan lagi kandungannya,” ungkap Karyn Siegel-Maier, penulis buku The Naturally Clean Home: 150 Super-Easy Herbal Formulas for Green Cleaning seperti dilansir dari Rodale, Selasa (8/5/2012).

Selain berpotensi beracun, produk pembersih biasa menghabiskan lebih banyak biaya dibandingkan biaya yang digunakan untuk membuat pembersih Anda sendiri. Jangan takut meski Anda belum pernah membuatnya sendiri karena takut dengan bahan atau cara membuatnya, yang penting Anda mau mencoba.

Karyn Siegel-Maier pun menyarankan beberapa bahan yang harus ada di setiap perangkat pembersih buatan Anda sendiri, antara lain:

1. Cuka.
Bahan ini merupakan solusi sederhana karena hanya dengan 5 persen asam asetat yang dikandung cuka putih maka bisa membunuh sejumlah strain bakteri, termasuk E. coli. Bahan ini juga efektif untuk membunuh berbagai jenis jamur.

2. Baking soda.
Bahan ini luar biasa untuk alat rumah tangga atau bagian rumah yang harus dibersihkan dengan digosok seperti ubin kamar mandi

3. Jus lemon
Bahan pembersih dan pengangkat kotoran alami yang bersifat antimikroba

4. Saus tartar
Campurkan dengan air dan cuka putih untuk melawan noda. Carilah dalam bentuk bubuk di toko langganan Anda.

5. Castile soap
Sabun berbahan minyak zaitun yang dinamakan sesuai daerah asalnya yaitu Castile di Spanyol. Sabun ini biasa ditemukan di berbagai toko bahan makanan alami.

6. Washing soda atau biasa dikenal dengan soda ash
Kekuatan pembersihnya terletak dari bahan dasarnya yaitu sodium karbonat. Anda bisa menjumpainya di rak produk laundry di supermarket favorit Anda.

7. Borax
Gunakan sebagai pembersih peralatan rumah tangga yang berminyak. Bahan ini juga bisa menyerap dan menghilangkan bau tak sedap dari peralatan tersebut.

8. Minyak esensial murni.
Minyak esensial seperti kemangi, rosemary, thyme, jeruk manis dan teh dapat membantu membasmi kuman sekaligus memberikan aroma alami yang menyegarkan.

“Sebotol kecil minyak esensial hanya seharga beberapa dolar namun bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama,” ujar Siegel-Maier. Ia pun menambahkan agar konsumen membeli minyak esensial murni, bukannya minyak beraromaterapi.

(ir/ir)

Sumber : http://akuinginhijau.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s