Durian Bermanfaat bagi Kesehatan

Buah yang satu ini cukup banyak memiliki penggemar. Rasanya yang manis, legit, dan wanginya yang cukup tajam memiliki keistimewaan tersendiri. Selama ini banyak orang yang mengkonsumsi buah durian tanpa menyadari efek yang didapat setelah makan buah berduri ini.
Buah durian mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti: karbohidrat (sebanyak 27,9 gr), protein (2,7 gr), lemak tak jenuh (3,4 gr), kalsium (40 mg), zat besi (1,9 mg), vitamin A (150 mg), vitamin C (23,3 mg), dan alkohol. Sedangkan untuk total kalori yang dikandung durian adalah 150 – 160 kal.
Selain itu, durian mengandung fosfor, asam folat, magnesium, kalium, zinc, mangan, tembaga, karoten, thiamin, niacin, dan riboflavin. Fosfor dan zat besi yang dikandung buah durian 10 kali lebih tinggi dibandingkan buah pisang. Kandungan setiap 100 gr buah durian adalah 67 gr air; 2,5 gr lemak; 28,3 gr karbohidrat; 1,4 gr serat; 2,5 gr protein, dan menghasilkan energi sekitar 520 kJ.
Karena kandungan yang terdapat pada buah durian tersebut, buah durian memiliki banyak manfaat di antaranya:
• Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah
• Sebagai pembersih darah
• Kandungan asam amino triptofan pada durian membantu mengurangi rasa gelisah, depresi, dan insomnia
• Meningkatkan kadar serotonin dalam otak sehingga meningkatkan rasa bahagia
• Merupakan makanan afrodisiak (meningkatkan libido)
• Sumber lemak mentah
• Membantu mengatasi anemia karena kaya asam folat dan zat besi
• Membantu mengatasi sembelit karena mengandung banyak serat. Kulit durian yang dilumatkan dan dioleskan ke perut membantu memudahkan buang air besar
• Menghambat penuaan dini (mengandung vitamin C sebagai antioksidan)
• Meningkatkan tekanan darah
• Baik untuk kesehatan tulang dan persendian karena mengandung kalsium, potassium, dan bermacam-macam vitamin B
• Menjaga kestabilan gula darah dalam darah (kandungan mangan)
• Meningkatkan nafsu makan (mengandung niasin dan thiamin)
• Membantu mengatasi migrain (riboflavin – vitamin B)
• Memelihara kesehatan tiroid (kandungan tembaga)
• Mengurangi stress dan depresi (kandungan piridoksin – B6)
• Baik untuk kesehatan gigi (mengandung fosfor)
• Meningkatkan tekanan darah yang rendah (mengandung zat besi dan bersifat panas)
Penderita hipertensi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah durian. Hal ini bukan karena kandungan kolesterol yang tinggi (lemak durian merupakan lemak tak jenuh sehingga aman dari resiko hipertensi), namun durian mengandung alkohol yang dapat mempengaruhi penderita hipertensi.
Banyak beredar jika wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi durian. Menurut dr. Fitriadi Kusuma, SpOG (dari RS Pondok Indah, Jakarta) belum ada penelitianh mengenai larangan wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi durian.
Buah durian yang mengandung banyak gas, glukosa, kolesterol, dan sedikit alkohol dapat memberikan efek-efek tertentu pada ibu hamil. Setelah mengonsumsi durian, gas dalam perut ibu hamil dapat menimbulkan kontaksi. Selain itu, glukosa pada durian dapat menyebabkan diabetes, dan kolesterol serta alkohol mampu berefek buruk terhadap jantung.
Namun, durian tidak menimbulkan efek negatif pada janin asalkan ibu hamil tidak berlebihan mengonsumsi durian. Sebaiknya minum banyak air putih setelah mengonsumsi durian karena membantu menetralisir tubuh ibu hamil.
Sumber: http://matoa.org

Berita terkait:

One response to “Durian Bermanfaat bagi Kesehatan

  1. Bacaan yg ringan…tapi penting untuk diketauhi…makasi loh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s