Aksi Mengurangi Polusi Udara

Bunga

Bunga

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara di sekitar kita. Hal-hal kecil ini dapat Anda lakukan dan akan berefek bagi lingkungan Anda dan orang-orang sekitar Anda.
Tanam pohon sebanyak-banyaknya
Pohon berfungsi sebagai penyerap karbon dioksida (salah satu polutan di udara) dan menghasilkan oksigen. Menanam pohon berarti Anda mengurangi gas polutan dan menambah oksigen di udara. Agar lebih maksimal, Anda dapat menanam tanaman lidah mertua, sri rejeki, bambu, trembesi, dan beragam tanaman penyerap polusi (lihat di sini).
• Gunakan transportasi umum.
Jika sebagian karyawan kantor menggunakan jasa transportasi umum atau bersepeda, kemacetan dan polusi udara akibat polusi akan sangat berkurang. Lima liter bensin yang digunakan kendaraan pribadi akan melepaskan karbon sebanyak 15 kilogram di udara. Bayangkan jika satu mobil atau motor berkapasitas hanya satu penumpang. Berapa banyak karbon yang akan dilepaskan di udara?
• Hemat listrik
Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat ini, sebagian besar sumber listrik Indonesia masih menggunakan sumber energi fosil (minyak, batu bara, gas) sebagai penghasil listrik. Artinya, semakin boros menggunakan listrik, semakin banyak gas polusi yang dilepaskan ke udara. Cara hemat listrik (lihat di sini).
• Hemat air
Air bersih yang dikonsumsi setiap hari merupakan air yang berasal dari mata air atau air tanah. Untuk mendapatkannya diperlukan mesin-mesin besar yang memompa air agar bisa sampai ke konsumen. Mesin-mesin pompa tersebut menggunakan bahan bakar fosil untuk menggerakkannya, yang menghasilkan karbon dioksida dan gas buang lainnya. Selain untuk mencegah banyaknya gas polusi yang dilepaskan, hemat menggunakan air akan membuat sumber daya air tetap lestari. Sehingga dapat digunakan untuk generasi yang akan datang. Tips hemat air (lihat di sini).

Selamat mencoba..😉

SUMBER : http://matoa.org

Artikel terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s