Pilihlah Lampu dengan Index Protection Tepat

Khawatir menempatkan lampu pada area basah, seperti kamar mandi? Tak perlu lagi. Kini ada lampu yang khusus dibuat untuk area seperti ini.
Mengatur pencahayaan untuk area yang kerap terkena cipratan air, seringkali merepotkan. Pasalnya, terasa riskan jika kita harus menempatkan lampu di area demikian. Cipratan air dapat membuat lampu rusak, dan berbahaya bagi kesehatan serta keselamatan.
Telkonologi elektronik masa kini memungkinkan segala hal yang berkaitan dengan penataan tata lampu di kamar mandi dapat terealisasi dengan aman. Sekarang telah beredar di pasaran, jenis lampu yang dilengkapi perlindungan terhadap percikan air dan debu.
Sebenarnya lampu tersebut tidak jauh berbeda dengan lampu pada umumnya. Baik jenis lampu maupun desainnya. Anda tetap disuguhi dengan ragam pilihan desain yang cantik, unik, bahkan mewah. Perbedaannya terletak pada perlindungan yang dimilikinya, terhadap debu dan percikan air. Perlindungan tersebut ditandai dengan adanya Index of Protection (IP) of dust and water (Indeks proteksi terhadap debu dan air).
IP terdiri dari deretan dua angka. Angka-angka tersebut menunjukkan tingkat perlindungan yang diberikan terhadap sebuah objek, dari gangguan eksternal. Angka pertama menunjukkan perlindungan terhadap debu dan zat padat lainnya. Sedangkan angka kedua menunjukkan perlindungan terhadap zat cair.
Nah, lampu-lampu untuk area basah biasanya memiliki angka IP 54. Angka 5 berarti lampu terlindungi dari debu. Angka 4 berarti lampu terlindungi dari percikan air dari segala arah. Dengan jaminan perlindungan demikian, tak perlu lagi khawatir menempatkan lampu di area-area basah. Wastafel atau area shower pun bisa diterangi lampu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s