Perangkap nyamuk ultraviolet ternyata murah dan efektif

Saya dan bahkan kebanyakan orang sudah tahu banyak dijual perangkap nyamuk elektronik dengan ultraviolet. Saya dari dulu agak skeptis akan efektifitasnya. Tetapi sejak minggu lalu saya mencobanya dan ternyata bekerja dengan baik serta berguna. Rahasianya adalah, dari dulu kita coba untuk pakai di dalam ruangan/indoor, tapi tidak efektif. Setelah kita coba untuk ditaruh di luar rumah/outdoor seperti di teras, wah… setiap pagi panen banyak sekali. Lebih dari itu, pemakaian energi pun sangat rendah. Kita bisa pilih perangkap nyamuk mulai dari 5 watt – 15 watt.

Perhitungan 5 watt untuk setiap bulannya adalah:

8 jam x 5 watt = 40 watt hour per hari
40 watt hour x 30 hari = 1200 watt hour ~ 1,2 Kwh
Maka perhitungan per bulan menjadi
1,2 Kwh x Rp. 1000 = Rp. 1200 rupiah per bulan!

Kalau kita mau bandingkan dengan semprotan nyamuk biasa, ini adalah penghematan yang cukup banyak dan tidak berbahaya bagi kesehatan serta tidak polusi bahan-bahan kimia dari semprotan nyamuk lainnya. Kalau kita nyalakan ini setiap hari, walhasil populasi nyamuk di sekitar rumah pun dapat menurun. Bila kita tularkan ini ke para tetangga, mudah-mudahan hal ini dapat mencegah bahaya demam berdarah.

Hal ini tentunya harus tetap disertai dengan gerakan program 3M (menguras, menutup dan menimbun) serta fogging dari lingkungan masing-masing. Untuk indoor, anda bisa tetap memakai Raket Nyamuk yang juga efektif, tanpa polusi dan mengolah raga juga

Sumber: www.akuinginhijau.org

Artikel terkait:

2 responses to “Perangkap nyamuk ultraviolet ternyata murah dan efektif

  1. Salam kenal mas bro…
    Saya tertarik nih dgn info masbro, dimana sy bisa dapatin perangkap nyamuk itu mas bro???
    Call/sms saya yah di 083897764240
    Terima kasih sebelum nya

  2. Sebenarnya untuk indoor juga cukup efektip, syaratnya ruangan tersebut tidak terlalu terang sehingga sinar dari alat tersebut cukup menarik nyamuk untuk mendekatinya. Jadi saran saya nyalakan alat dan matikan lampu penerangan selama 1/2 – 1 jam. Lihat hasilnya, kalau masih banyak yang bebas, perlama lagi mematikan lampu penerang ruang/kamarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s