Pengaruh Cahaya terhadap lingkungan..

Kita bisa melihat penggunaan lampu di rumah kita dengan lingkungan sekitar. Adayang pernah mempertanyakan tidak, mengapa pencahayaan di rumah kita berbeda dengan pencahayaan di shopping mall, gedung olah raga, atau kantor? Kenapa pencahayaan di luar ruangan berbeda dengan yang di dalam ruangan? Kenapa pencahayaan yang berbeda dapat mempengaruhi mood kita? Atau, kapan sih pencahayaan itu perlu atau tidak perlu di kehidupan kita?Cahaya sangatlah penting bagi kehidupan kita dan dapat mempengaruhi performa kerja kita juga. Lampu dapat mempengaruhi mata dan kinerja otak kita dalam berbagai cara. Mata manusia sangatlah sensitif dan dapat dengan mudah melakukan adaptasi. Penataan cahaya dalam kehidupan dan lingkungan kita dapat:

1. Meningkatkan produktivitas – tata cahaya yang lebih baik (tidak silau, dengan intensitas dan sudut yang tepat) dapat membuat kita bekerja lebih senang dan lebih keras lagi.

2. Mempengaruhi kesehatan – orang dapat merasa stress karena perubahan pencahayaan / pencahayaan yang tidak tepat, dan dapat dibantu dengan terapi pencahayaan.

3. Berarti lebih baik untuk keamanan – pencahayaan yang terang diperlukan untuk pekerjaan yang berbahaya atau yang membutuhkan detail tingkat tinggi.

4. Menghemat pemakaian energi – pada suatu kasus, para pekerja diberikan kontrol sendiri untuk mengatur pemakaian lampu dalam pekerjaannya, hasilnya mereka memakai lebih sedikit energi lampu.

5. Mempengaruhi mood dan suasana – pada kasus yang lain, sejumlah besar orang dikumpulkan di suatu ruangan yang terang. Mereka lebih memilih untuk berbicara dalam grup yang besar dan volume suara pada saat mereka bicara akhirnya meningkat. Grup yang sama, dipindahkan ke ruangan yang lebih redup. Mereka berkumpul dalam beberapa grup dan akhirnya volume suara pada saat mereka bicara juga lebih rendah.

sumber : http://www.class-international.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s