Tips memasang Lampu Bohlam..

Lampu Bohlam

Untuk pekerjaan yang satu ini, memang tidak memerlukan keahlian khusus. Permasalannya adalah di perlukan suatu kehati-hatian terutama yang berhubungan dengan listrik.

Mengganti lampu Bohlam pasti pernah dilakukan apa lagi bagi rumah atau bangunan yang masih menggunakan lampu pijar. Lampu ini rawan putus atau cepat mati di bandingkan dengan lampu halogen atau yang berbahan gas. Sekedar berbagi aja gimana tips untuk mengganti lampu bohlam.

1. Tersedianya Peralatan Pendukung. 

Pastikan peralatan yang di gunakan tersedia, biasanya kalo kita menggati lampu bohlam terletak pada posisi lampu yang cukup tinggi. Gunakan tangga atau alat bantu lainya. kalo memungkin sediakan juga “tes pen” (alat uji untuk mengetahui apakah listrik bertegangan atau tidak).

2 . Kondisi Lampu Pengganti bekerja dengan baik.

Periksa apakah lampu bohlam pengganti dalam kondisi baik, tidak rusak atau cacat sehingga dapat di pastikan lampu bekerja. Pastikan juga bahwa jenis lampu pengganti sesuai dengan lampu sebelumnya. Bahwa ini untuk memastikan  lampu ini dapat terpasang.

3. Bekerja dalam kondisi listrik Mati.

Matikan listrik yang mengalir ke lampu. Biasakan bekerja dalam kondirsi lampu tidak bertegangan sehingga kita bisa bekerja dengan aman. Kalo memang di perlukan matikan MCB utama.

4. Kondisi tangan tidak basah.

Pastikan kondisi tangan tidak basah, gunakan alat bantu untuk  memegang bohlam lampu agar mencegah terjadinya kontak langsung.

5. Lakukan pengecekan Soket Lampu.

Sebelum lampu di pasang pastikan bahwa soket lampu dalam keadaan baik (Ulir tidak karat dan lidah soket dalam kondisi baik). Biasanya bohlam lampu tidak menyala salah satu sebabnya dikarenakan hubungan antara lidah soket dan body soket tidak terhubung dengan ulir  bohlam lampu. Untuk perbaikannya dapat menggunakan “tes pen” untuk  membuat jarak lidah soket lampu lebih merenggang sehigga dapat terhubung dengan  lampu.

Setelah lampu yang mati atau rusak di copot coba periksa kelistrikan soket lampu dengan menggunakan “test pen” sebelumnya nyalakan kembali saklar  lampu tersebut, kalo kita menghubungkan ulir soket lampu dengan “tes pen”, lampu dalam tespen akan menyala. sedangkan lidah soket apa bila kita akan hubungkan dengan “tes pen”, lampu tes pen tidak akan menyala. Begitu juga sebaliknya hal ini tergantung  peasangan awal soket lampu. Apa bila ulir maupun lisah soket tidak menyala pastikan hubungan kabel dari saklar ke soket lampu baik. Begitu pula periksa juga saklar yang di gunakan dalam kondisi baik.

Apa bila semua dalam kondisi baik baru matikan saklar lampu dan pasang bohlam lampu pengganti.

Demikian tips ini di buat Semoga membantu..🙂

Sumber gambar:  http://www.toko-alatlistrik.com

Artikel Terkait:

  1. Lampu strip.
  2. Pilihlah lampu dengan index protection tepat.
  3. Keuntungan kontrol pencahayaan mode switching faktor pengaturan pencahayaan.
  4. Memilih cahaya untuk ruangan.
  5. Lampu strip.
  6. Standar pencahayaan ruang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s