Tips mengetahui AC hemat energi

AC indoor

Memang gampang-gampang susah untuk menentukan Ac yang hemat dan di gunakan di rumah kita. Biasanya pemikiran pertama kalo kita ingin pake Ac adalah daya yang natinya akan terpakai apa bila Ac itu kita gunakan.

Sewaktu saat saya brosing ada informasi yang mungkin dapat membantu gimana kita mengetahui ac yang kita beli hemat energi.

AC berdaya listrik rendah saat ini makin banyak di gemari konsumen, dengan listrik berdaya 900 watt kini sudah bisa pasang AC dengan tidak di hantui akan tagihan listrik yang membengkak.  AC low wattage bisa menghemat 30% di banding dengan AC AC sebelumnya yang berkapasitas 1/2 PK membutuhkan daya 550~600 watt.

Hal yang perlu di perhatikan dalam menentukan AC hemat energi.
1. BTU (Brithis Thermal Unit) tingkat kesejukan udara yang di hasilkan, semakin besar nilai BTU maka akan semakin cepat pendinginan namun listrik yang di komsumsipun akan cukup besar juga
2. EER (Energi Efeciency Ratio)perbandingan antara kecepatan pendinginan BTU, semakin besar nilai EER maka makin kecil energi yang di perlukan.

Besaran nilai BTU dan EER biasanya tertera pada unit indoor dan outdoor ataupun pada spesifikasi AC tersebut. untuk mendapatkan nilai EER yaitu BTU air conditioner dibagi dengan daya listrik yang di butuhkan AC. (EER = BTU : I)
AC dengan nilai 5000 BTU mengkomsumsi daya sebesar 550 watt maka nila EER yang di hasilkan 9.09 EER, sedangkan pada AC low wattage berkapasitas 5000 BTU membutuhkan daya 320 watt maka nilai EER yang di dapat adalah 15

semoga membantu..🙂

Sumber: perawatan-ac.blogspot.com

Artikel Terkait:

  1. Komponen kelistrikan pada AC split
  2. Sistem kerja Ac Split
  3. Cara mencuci Ac split
  4. Cara menghitung berapa pk AC yg harus di pakai
  5. Bahaya Ac (air-conditioner)
  6. Mengatasi-ac-bocor-air

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s