KWh (Kilo Watt Hour) meter

KWH Digital

KWH Digital

Didalam instalasi listrik peralatan ini sangat penting, dimana peralatan ini digunkan untuk menghitung pemakaian daya listrik yang kita pakai. Alat ini dapat kita sebagai pengukur daya listrik atau POWER RATES COUNTER.

Ditinjau dari segi cara bekerjanya maka pengukur ini memakai perinsip azas induksi atau azas Ferraris. Dan Pada Umunya alat pengukur ini di gunakan untuk mengukur daya listrik arus bolak balik. Biasanya Setelah pemasngan alat ini diikuti oleh pengaman.

Perinsip kerja dari peralatan ini hampir sama dengan speedometer yang bekerja tergantung dengan kecepatan mobil atau kendaraan. Pengukuran Watt atau Kwatt disusun sedemikian rupa sehingga kumparan tegangan dapat berputar degan bebas dengan demikian tenaga listrik dapat diukur.

Rangkaian KWH

Rangkaian KWH

Pada Pembebanan bebas induksi kecepatan berputarnya cakra sangat tergantung pada hasil kali tegangan.

Tegangan x Kuat Arus x Waktu = E x I x t dalam satuaan Watt Jam

Peralatan ini milik PLN dan disegel, gunanya untuk mengukur beban yang dipakai. Berada di luar rumah agar memudahkan petugas pencatat setiap bulannya melakukan pencatatan meter Kwh. Alat ini dilengkapi pembatas arus (current limiter) berupa MCB yang juga disegel. Tujuan dipasang MCB ini adalah membatasi pemakaian sesuai dengan batas beban saat pertama registrasi atau pemasangan listrik misal 2A untuk daya 450VA, 4A untuk daya 900VA, 6A untuk daya 1300VA, dan sebagainya.

Untuk saat ini sudah banyak disosialisasikan KWh meter digital dan  pengoprasianya menggunakan pulsa, dan dapat diisi dengan voucer yang terdiri dari beberapa pilihan sesuai dengan penggunaan. Apabila pulsanya habis tinggal ke PLN atau kios pulsa untuk mengisi pulsa.

semoga bermanfaat..🙂

Artikel terkait:

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s