Cara mencuci AC Split

Setiap peralatan listrik memerlukan perawatan salah satunya (AC),biasanya Ac harus dilakukan pencucian minimal 3 bulan sekali agar hasilnya maksimal. di bawah ini terdapat langkah-langkah mencuci Ac yang dapat di terapkan.. semoga bermanfaat.

Cara mencuci AC Split dapat anda lakukan bila anda mempunyai sebuah mesin steam (pompa air bertekanan), selain itu anda juga harus menyiapkan sebuah terpal yg berukuran panjang 3 meter dan lebar 1,5 meter. Terpal ini berfungsi untuk mengalirkan air kotor dari ac yg kita service ke sebuah bak/ember yg diletakan dibawah ujung terpal.

Anda juga membutuhkan plastik ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 30 cm untuk menutupi bagian atas AC Split indoor unit agar disaat anda mencuci ac split, tekanan air yg keluar dari mesin steam tidak membasahi plafon.

Bagian komponen PCB (Control Module) unit AC indoor harus ditutup dengan sebuah kantung plastik, agar air tidak mengenai komponen pcb, bila air mengenai komponen PCB akan mengakibatkan kerusakan dan AC Split tidak akan berfungsi/mati total.

1. Sebelum melakukan pekerjaan cuci AC Split anda harus terlebih dahulu mencabut steker listrik agar aliran listrik tidak tersambung pada AC Split. Hal ini untuk menjaga keselamatan agar anda tidak tersengat arus listrik disaat anda mencuci ac split dan menjaga agar tidak terjadi short circuit pada unit AC Split.

2. Buka cover indoor unit AC Split, pada beberapa AC Split merek tertentu  menyembunyikan letak posisi baut pengunci cover indoor unit. Jika anda tidak mengetahui letak posisi baut pengunci tutup indoor unit itu, kami sarankan membaca buku petunjuknya.

3. Setelah cover indoor unit terbuka, pasang terpal pada bagian atas sebelah kanan yg sudah diikatkan sebuah tali plastik atau karet ban dalam, agar terpal dapat menggantung/terikat dibawah sisi indoor unit. Jangan lupa pasang plastik dibagian atas indoor unit, dan kantung plastik untuk menutupi bagian komponen indoor unit.

  4.Bila pemasangan terpal sudah dilakukan dan mesin steam sudah dipasang, operasikan mesin steam dan tunggu sampai tekanan air keluar dari ujung selang. Mesin steam yg merknya terkenal dapat secara otomatis ke posisi off bila pada ujung spray gun ditutup. Tapi bila mesin steam anda tidak otomatis, kami sarankan pada waktu pencucian AC Split, anda meminta bantuan seseorang untuk mengoperasikan mesin steam dan menambahkan air kedalam bak air yg susut karena terhisap oleh mesin steam.

5. Lakukan penyemprotan pada evaporator bagian atas dulu, lalu turun kebagian bawah dan lakukan berulang-ulang sampai evaporator bersih dari kotoran dan lumut. Bila letak lubang selang pembuangan air  AC Split terletak disebelah kiri, semprot lubang pembuangan air sampai lumut yg berada pada selang pembuangan air keluar semua,
tapi bila lubang pembuangan air AC Split terletak disebelah kanan dekat komponen PCB (Control Module), hati-hati dalam melakukan cleaning karena semprotan air dapat mengenai komponen PCB module.
Untuk mencegah agar air tidak mengenai papan PCB AC Split pergunakan selang yang panjang sekitar 50cm yg diameternya lebih kecil dari lubang pembuangan air AC, agar selang dapat masuk ke lubang pembuangan air dan semprotkan air pada selang tersebut agar kotoran/lumut yg berada pada lubang pembuangan air dapat dibersihkan/dikeluarkan.

6. Setelah bagian evaporator dibersihkan, beralih kebagian blower yg berada dibawah evaporator AC Split, lakukan penyemprotan sampai air yg mengalir keluar melalui terpal menjadi bening/bersih. Lakukan lagi penyemprotan pada bagian evaporator dan bagian blower sampai benar-benar indoor AC Split menjadi bersih.

7. Setelah penyemprotan indoor AC telah selesai, lap bagian bawah sisi indoor unit dengan kain kering, lalu lepaskan terpal dan kantung plastik pada komponen indoor unit. Bersihkan dengan lap cover dan filter indoor unit sampai benar-benar kering, khususnya bagian yg menutupi komponen PCB Control Module AC Split.

8. Pasang kembali cover indoor unit dan filternya dan jangan lupa pasang kembali bautnya.

9. Setelah penyemprotan pada indoor unit AC Split telah selesai, beralih kebagian outdoor unit, dibagian ini tidak diperlukan terpal atau kantung plastik. Semprotkan air pada bagian condenser yang dipenuhi oleh debu, cuci outdoor sampai bersih.

10.Setelah penyemprotan/pembersihan pada indoor dan outdoor AC Split selesai dilakukan, operasikan AC Split, keringkan air yg keluar dari bagian blower indoor ketika ac dioperasikan.

Semoga bermanfaat🙂

Sumber: Global Electronic

Artikel Terkait:

  1. Komponen kelistrikan pada AC split
  2. Sistem kerja Ac Split

2 responses to “Cara mencuci AC Split

  1. Sy sudah coba. Tapi hanya bersihkan saringan nya saja.. skrg ac kamar udah dingin.. Azib.. Thx infonya.

  2. Apakah ada video-nya untuk tata-cara ini yach ?
    Dan untuk beli steam AC-nya berapaan yang bagus dan murah ?
    Skalian untuk pengisiannya freonnya, apakah ada tata-caranya yach
    totok@hotmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s