Badan Fit dengan Si Buah Pahit

Disadur Dari Saji Edisi 208.TH.VIII 4-7 Mei 2011 dan KOMPAS.COM

Mendengar nama buah Pare, tak sedikit orang yang langsung menunjukan ekspresi kurang nyaman.  Maklum saja, buah pare memang di kenal punya rasa pahit yang kuat. Meski rasanya pahit, tapi kandungannya mencenangkan, lo. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari buah lonjong ini.

Komposisi pare sangatlah beragam, rasa pahit pare yang merupakan karakter khasnya disebabkan karena kandungan cucurbitacins. Diantara komposisi ini terdapatlah Charantin yang merupakan suatu bahan primer dalam mengurangi regulasi gula darah. Charantin membuat suatu reaksi penurunan gula darah (hipoglikemik). Pare juga mengandung suatu peptida yang menyerupai sifat insulin, salah satunya adalah polipeptida P dan alkaloid. Kandungan lain dalam pare pun turut serta dalam efek perubahan gula darah. Pada penelitian percobaan yang dilakukan ke manusia, pare menunjukkan perubahan signifikan dalam pengontrolan gula darah setelah mengkonsumsinya dan menghasilkan efek penurunan gula darah.

Salah satu khasiat buah pare yang terkenal adalah kemampuan menurunkan gula darah. Kemampuan ini di hasilkan dari zat yang didalam buah pare yang mempunyai kemiripan dengan fungsi insulin. Seperti diketahui, penderita diabetes umumnya mengalami kekurangan insulin. Padahal insulin sangat penting untuk menyebarkan glukosa yang menjadi energi di seluruh sel tubuh kita. Dengan adanya kemiripan dengan insulin, Pare dapat membatu proses distribusi glukosa sehingga kadar gula dalam darah menurun.

Selain itu protein dalam buah pare juga berguna untuk memecah glukosa dan mengubahnya energi sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

Beberapa penelitian di Jepan menunjukan pare juga memiliki zat aktif anti kangker

Sebuah studi dari Jurnal Ethnopharmacology menyatakan bahwa baik pare segar maupun yang dikeringkan dalam jumlah 1.5 ons – 3 ons bisa membuat kadar gula darah turun sebanyak 48%, membuat toleransi glukosa membaik tanpa terjadi peningkatan insulin, serta memperbaiki kadar gula darah puasa pada diabetesi. Memang ini sangat baik untuk para diabetesi akan tetapi hati – hati dalam menggunakannya jika kadar gula darah Anda normal.

Meskipun pare sangat baik untuk menurunkan gula darah, akan tetapi harus diperhatikan penggunaannya apalagi jika Anda seorang diabetesi yang menggunakan obat – obatan untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Jangan lupa untuk memonitor kadar gula darah Anda jika Anda memutuskan untuk memakai pare sebagai tambahan pengontrol kadar gula darah. Jika Anda sedang dalam pengobatan bersama obat gula sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter Anda sebelum Anda menggunakan pare bersama obat Anda karena pare bisa menyebabkan kadar gula darah Anda turun drastis bila memakai terlalu berlebihan. Sedangkan untuk riwayat alergi terhadap pare belum pernah ada penelitiannya.

semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s