Mengapa Peralatan elektronik harus dilindungi bahaya induksi akibat sambaran petir….

Petir merupakan kejadian alam yang selalu melepaskan muatan listriknya kebumi tanpa dapat dikembalikan dan hal tersebut dapat menyebabkan kerugian harta benda manusia. Tak ada yang dapat merubah situasi ini.

Pelepasan muatan listrik dapat merusak jaringan listrik dan peralatan elektronika yang lebih sensitive. Sambaran petir pada pada tempat yang jauh sudah mampu merusak system elektronik dan peralatanya, seperti instalasi computer, perangkat telekomunikasi / PABX, system control, alat-alat pemancar dan instrument serta peralatan elektronik sensitif lainnya.

Adapun jenis kerusakan yang sebabkan oleh Petir terdiri dari;

  1. Kerusakan Akibat Sambaran Langsung (KASL)

Kerusakan ini biasanya langsung mudah diketahui sebabnya, karena jelas petir menyambar sebuah gedung sekaligus perlatan listrik/elektronik yang ada.

  1. Kerusakan Akibat Sambaran Tidak Langsung (KASTL)

Kerusakan ini sulit diidentifikasi dengan jelas karena petir yang menyabar pada satu titik lokasi sehingga hantaran induksi melalui aliran listrik/kable PLN, telekomunikasi, Pipa Pam dan peralatan besi lainya dapat menjadi  1 km dimana petir itu terjadi ( Sehingga Tanpa di sadari peralatan elektronik terjadi kerusakan)

Arrester

Arrester

Sesuai ketentuan internasional Electrotechnical Commission TC 81 yang disahkan bulan Agustus 1989 maka sistem penangkal petir yang sempurna harus terdiri dari 3 bagian:

  1. Proteksi External.

Adalah  Instalasi dan alat-alat diluar sebuah struktur untuk menangkap dan menghantar arus petir kesistem pembumian dan terletak diatas bangunan dan posisiinya tinggi. (KASL).

  1. Proteksi Pembumian/Pentanahan.

Adalah Penggabungan semua metal (Equippotenialisasi) dengan electrode tunggal yang kebumi (KASL)

  1. Proteksi Internal (aresster).

Proteksi peralatan elektronik terhadap efek daru arus petir (KASTL).

Sebagai pertimbangan sebaiknya kita mempersiapkan (3 sistem tersebut) unutk dapat mengantisipasi permasalahan yang akan terjadi..🙂

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s