Sambel ada manfaatnya…

Macam-macam Sambal

Macam-macam sambal

Enggak nyangka.. kalo Indonesia merupakan surganya Sambel.. percaya atau tidak hampir  lebih dari 70% makanan Indonesia menggunakan bahan makan pedas (rempah-rempah) seperti.. Cabe, Pala, Jahe, Lada, Kemiri dan lainnya… tapi yang enggak kalah serunya adalah Sambelnya… apa lagi saya yang dasarnya suka sambel… kalo engak merem melek kurang  yahud…..🙂

Anda suka sambal???Baik yang suka ataupun yang nggak pokoknya  perlu baca postingan ini semoga bermanfaat….
Di balik nikmatnya sambal yang mampu merangsang nafsu makan, ternyata terdapat juga zat-zat gizi yang dapat mencegah terjadinya Stroke, Penyakit Jantung, Sakit Kepala dan Impotensi.
Maka, beruntunglah anda yang menyukai dan tahan rasa pedas, bagi yang tidak suka sambal, ada baiknya mulai mencoba sedikit sambal yang tidak terlalu pedas, mengingat banyaknya khasiat cabai yang terkandung dalam sebuah sambal.
Di luar dugaan kita, sambal sesungguhnya merupakan bahan makanan kaya zat gizi. Cabai rawit yang merupakan komponen utama pembuatan sambal banyak mengandung Vitamin C dan Betakaroten (Provitamin A), mengalahkan buah-buahan populer seperti Mangga, Nanas, Pepaya, atau Semangka.Bahkan kadar mineralnya, terutama Kalsium dan Fosfor, mengungguli ikan segar.

Menurut Kesehatan cabai mengandung  Kapsaisin bersifat Antikoagulan, yaitu …………. menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Sehingga orang yg suka makan sambal dapat memperkecil kemungkinan menderita Penyumbatan Darah (Aterosklerosis), sehingga mencegah munculnya  Serangan Stroke dan Jantung Koroner, serta Impotensi.

Kapsaisin juga baik dikonsumsi ketika sakit kepala menyerang. Rasa pedas dari kapsaisin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit.
Pada saat yang sama kapsaisin akan mengencerkan lendir, sehingga dapat melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung, termasuk sinusitis.
Namun, walaupun enak… konsumsi Kapsaisin tidak boleh berlebihan karena dapat meningkatkan asam lambung sehingga menyebabkan sakit perut.

Wookeeh.. hmm jadi ternyata sambel ada juga manfaatnya walaupun untuk memakannya tidak boleh berlebihan… So makan sambel siapa takut.. tetap cintai kuliner Indonesia…:)

Artikel Terkait:

  1. Nasi goreng indonesia tempatnya.
  2. 10 jus terbaik kaya manfaat.
  3. Indonesia kaya akan makanan krupuk tradisional.
  4. Mengenal lebih jauh Antioksidan
  5. Manfaat lain kopi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s