Kenapa MCB di rumah tidak bisa di naikan (ON)

MCB (Mini Circuit Breaker) bisa di gunakan oleh PLN sebagai pembatas daya dan pengaman dari short circuit (hubung singkat). Alat ini mengunakan sifat Bimetal (mekanis).

Biasanya MCB bekerja apa bila:

1. Terjadi Hubung Singkat (Short Circuit)

hal ini terjadi dikarenakan terhubungnya netral dengan phasa sehingga menimbulkan short sircuit solusinya adalah mencari sumber permasalahan dengan melepas semua beban dan memasukan kembali beban terpasang secara bertahap sampai menemukan permasalahannya.

2. Terjadi Over load ( Beban Lebih)

Over load bisanya terjadi dikarenakan batasan MCB kurang dari daya yang dialirkan (biasanya diakibatkan pemakaian listrik yang berlebihan), untuk mengatasinya cukup kita kurangi beban yang terhubung dengan listrik sehingga  beban kembali normal.

MCB rusak disebabkan sering terjadinya Over load atau Short Circuit yang berlebihan sehingga menyebabkan fungsi dari MCB tersebut tidak bekerja dengan baik (terutama sistem bimetalnya). Hal ini bisa terjadi karena sistem bimetalnya rusak atau terbakar sehingga sytem tersebut tidak bekerja dengan baik.

MCB juga mempunyai batasan waktu kerja sehingga semakin sering MCB tersebut turun maka akan semakin kecil batasan waktu kerja alat tersebut. sehingga sebagai solusinya MCB tersebut harus di ganti atau meminimalisir permasalahan yang menyebabkan MCB turun.

Terkadang terdapat MCB yang terlihat naik tetapi out putnya tidak mengeluarkan listrik, hal ini diakibatkan oleh rusaknya MCB yang menyebabkan Sistem bimetalnya tidak dalam posisi sempurna. (sehingga terkadang kita harus menarik tuasnya ke bawah terlebih dahulu kemudian mengembalikannya dalam posisi normal).

Artikel terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s