Just Info… Ampas kopi baik sebagai pupuk..

Membaca cerita saduran  dari blog tetangga cukup menarik mengenai ampas kopi yang bisa dijadikan pupuk untuk tanaman, mengingat temen2 yang suka bergadang mungkin ampas kopinya dapat bermanfaat untuk tanaman rumah..

Kopi, sumber nitrogen yang baik
Menjaga keseimbangan antara karbon dan nitrogen dalam sebuah kompos adalah wajib. Kebanyakan dari sampah organik adalah sumber karbon, dan kadang-kadang kalau kurang nitrogen komposnya malah lama jadinya. Terlalu banyak nitrogen juga tidak baik sih, karena akhirnya “komposnya” akan mati. Tapi dengan dosis yang baik, nitrogen membantu membuat kebun bahagia. Salah satu sumber nitrogen yang baik… kopi!

Ampas kopi ini dapat menambah asupan Nitrogen, Fosfor dan Potasium (NPK) yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga dapat menyuburkan. Ampas kopi ini dapat ditebarkan di taman dan pot anda sehingga dapat mengeluarkan zat-zatnya secara pelan-pelan. Selain itu ampas kopi juga mengandung magnesium, sulfur dan kalsium yang dapat berguna untuk tanaman.

Selain perusahaan, banyak juga orang yang membuat kopi di rumah dan membuang ampas begitu saja. Untuk anda yang suka minum kopi maupun teh dirumah, jangan buang ampasnya, anda bisa langsung campur ampas-ampas tersebut untuk kebun anda. Pastinya

Langsung ke kebun
Kandungan nitrogen pada lapisan tanah kebun dapat hilang apabila terlalu sering diairi (baik itu karena disiram atau hujan). Menaburkan sedikit lapisan ampas kopi sebelum menyiram atau sebelum hujan (yah ini mungkin harus rajin-rajin liat ramalan cuaca) membantu menjaga kandungan nitrogen. Takarannya mungkin sekitar 45g untuk 1m².

Kalau takut kebanyakan (kebanyakan nitrogen bisa membuat tanah terlalu asam, nggak bagus juga ya?) campur dengan bahan karbon (misalnya sisa daun yang dihancurkan, dll).

Atau, ambil sedikit ampas kopi dan larutkan dalam air supaya bisa menjadi (sumplemen) pupuk cair juga. Takarannya kurang lebih 10 gram untuk 1 liter air, kocok. Kalau airnya terlalu panas atau terlalu dingin biarkan dulu sehingga mencapai suhu ruang. Semprotkan seperti biasa.

Gunakan untuk dasar pot-pot bunga untuk menghalau berbagai jenis serangga/hewan menyebalkan

Masukkan ke dalam kotak kompos
Selain membuat kotak kompos menjadi agak “wangi kopi”, kopi atau teh bisa membantu menyumbang nitrogen ke dalam kotak kompos. Hati-hati tapinya, jangan sampai nitrogennya kebanyakan anda bisa menghemat membeli pupuk dan rumah akan semakin hijau.

Semoga yang suka akan bertaman dapat bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s