Menghemat Listrik, Lebih dari Sekadar Hemat Biaya

Menghemat Listrik, Lebih dari Sekadar Hemat Biaya
Apakah Anda berencana untuk membangun, merenovasi, atau mengubah interior rumah Anda? Anda dapat membuat sebuah rencana yang mendukung upaya penghematan listrik. caranya cukup mudah, bahkan dapat menambah keindahan rumah Anda.Mulai saat ini, Anda tidak perlu terpaku untuk membuat disain bangunan tertentu yang membutuhkan penataan cahaya hanya agar terlihat indah. Penggunaan lampu hemat energi (LHE) untuk konsep minimalis justru memberi kesan estetis lebih kuat. Bahkan, LHE dapat menghemat pemakaian sampai 80% bila dibandingkan dengan lampu pijar biasa.Kemudian Anda dianjurkan untuk memilih cat dinding yang terang karena bisa memantulkan cahaya. Dengan demikian, penerangan dengan lampu dengan watt yang kecil pun sudah cukup.

Kiat selanjutnya, Anda perlu membuat jendela lebih besar sehingga bisa menghindari pemborosan listrik untuk penggunaan pendingin udara (AC). Anda pun mendapatkan udara segar dalam ruangan rumah sekaligus melakukan penghematan.

Pemeliharaan AC juga penting. Sebaiknya pemeliharaan AC dilakukan minimal sekali dalam tiga bulan. Alasannya, pemeliharaan AC yang rutin mampu menghemat listrik sampai dengan 20%.

Apakah Anda memiliki bangunan dengan luas tanah minim? Anda tidak perlu cemas karena Anda dapat memanfatkan ruang atas untuk meletakan bak penampungan air. Pilihan ini sangat bijak ketimbang memaksa penggunaan pompa air tanpa reservoir yang harus on-off setiap membuka kran air. Dengan pemakaian seperti itu, Anda sudah melakukan penghematan listrik sebesar 20%.

Anda harus pula memperhatikan perangkat rumah tangga yang rutin digunakan, seperti instalasi air, mesin cuci, lemari es, setrika listrik, televisi, dan sebagainya. Pilihlah produk yang hemat listrik. Dalam keseharian, mematikan perangkat tersebut pada saat tidak digunakan merupakan tindakan yang bijak.

Penghematan listrik memang tergantung dengan pemakaian masing-masing. Namun, pengaturan cara penggunaan dan penempatan peralatan juga bisa memperkecil pemakaian listik, sehingga membantu anda dalam penghematan listrik sekaligus menghindari tagihan listrik yang berlebihan.

[Disadur dari: http://www.suarakarya-online.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s