Perawatan..

Segala sesuatu perlu perawatan bahkan untuk diri sendiri…, perawatan memang memerlukan biaya tetapi sebenarnya kita bisa memilih mana yang menjadi skala perioritas, mana saja yang mungkin dapat kita perbaiki sesuai dengan kepentinganya.

Kabel dalam rack server

Contoh kabel yang tidak tersusun rapi

 

kalo kita biasa menggunakan pasta gigi, pasti dari semua jenis yang digunakan kita dapat memilih pasta gigi apa yang dapat kita pilih … karerna perinsipnya perawatan merupakan pilihan apakah akan kita lakukan atau tidak sama sekali dan hal tersebut masih dikatagorikan lebih baik dibandikan kita harus memperbaiki atau mengobati..

Apabila kita harus memperbaiki atau mengobati keadaan itu menjadi wajib ,  Apa bila kita mengingikan sesuatu berjalan dengan fungsinya, dan tentu biaya yang akan kita keluarkan akan lebih besar… tapi hasilnya akan lebih memuaskan tentunya🙂

didalam perawatan sesuatu sebaiknya menggunakan suatu metode atau alur:

1. Tentukan permasalahan.

Disini apa saja permasalahan-permasalahan yang akan terjadi apa bila suatu alat atau sistem rusak. berapa sering dan berapa besar permasalahan tersebut akan mempengaruhi produksi atau suatu hasil yang diinginkan. Sehingga kita dapat menentukan skala prioritas dalam pengerjaanya.

2. Tentukan penyebabnya.

Mengapa permasalahan tersebut timbul ( tentukan penyebabnya ) dan dari beberapa penyebabnya tentukan yang paling sering terjadi (yang paling besar penyebabnya).

3. Temukan solusinya.

Apa bila penyebab sudah di tenmukan makan cari beberapa caraatau sousi  agar penyebab itu dapat di hilangkan atau di minimalisir kejadiannya.

4. Lakukan perwatan secara berkala.

buat suatu draf control yang natinya akan di gunakan sebagai sheet kontrol untuk malakukan perawatan yang didalamnya merangkum point-point yang disebutkan sebelumnya.

dari alur tersebut kita dapat mencoba salah satunya dengan 5R

jadi lebih baik merawat atau memperbaiki…😉

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s