Macam-macam saklar..

saklar

Saklar

Ternyata Banyak juga jenis-jenis saklar yang terdapat di pasaran. fungsi sakalar sangat penting sebagai pemutus dan penghubung suatu rangkaian sehingga rangkaian dapat berfungsi dengan baik. Dibawah ini terdapat beberapa jenis saklar yang dapat di himpun:

- Sasklar toggle.

Saklar toggle adalah saklar yang sering digunakan unutk menghubungkan bagian liasrik dengan mengunakan siste, toggle atau pengunci.


- Saklar Push Button

Saklar push button ini termasuk jenis saklar kontak takan yang dalam pengoperasiannya menmpunyai 2 pilihan yang disesuaikan dengan penggunaannya.

- Pilihan 1 : Normally Open/NO, yaitu saklar yang berfungsi sebagai Normal Buka dan berfungsi untuk menghubungkan suatu beban
- Pilihan 2 : Normally Closed/NC, yaitu saklar yang berfungsi sebagai Normal Tutup dan berfungsi untuk memutuskan suatu beban

- Saklar Mikro

Istilah mikro pada saklar mikro atau micro switch, tidak berarti bahwa saklar ini sendiri berukuran kecil. Nama ini mengindikasikan bahwa tombol yang digunakan untuk mengoperasikan saklar mikro, hanya bergeser dengan jarak perpindahan yang sangat kecil.

Saklar jenis ini sangat sensitif, sedikit tekanan saja pada tuas dapat mengakibatkan saklar berpindah dari satu posisi ke posisi lainnya. Kebanyakan micro switch memiliki kontak-kontak jenis SPDT, sehingga saklar ini dapat digunakan untuk menyambungkan atau memutuskan, atau keduanya secara bersamaan.
- Saklar Waffer atau rotary switch.

Saklar ini umumnya digunakanRangkaian elektronik , untuk memilih berbagai konfigurasi operasi.  Biasanya saklar ini  digunakan untuk memilih jenis rangkaian yang akan di gunakan. Karena bentuknya memutar biasanya sering digunakan untuk rangkaian transmiter atau menaikan dan menurunkan volume.  

 
- Saklar DPDT/Double Pole Double throw.

DPDT (double-pole double-throw) switch | DPSS (double-pole selector switch)

Saklar kutub-ganda lemparan-ganda.Umumnya digunakan sebagai saklar pemilih (selector) dua sirkuit, atau sebagai pengganti pasangan dua saklar SPDT atau sebagai pengganti pasangan dua saklar DPST untuk efisiensi.
- Saklar SPST/Single pole Single throw.

Saklar kutub-tunggal lemparan-tunggal. Saklar ini di gunakan unutk memutus dan menghubungkan suatu rangkaian. dimana satu input menghubungkan satu out put.
- Saklar DPST/Double Pole Single throw

Saklar kutub-ganda lemparan-tunggal. Digunakan untuk memutus atau menghubungkan sambung dua jalur kelistrikan sekaligus. Biasanya satu kutub untuk listrik positiv dan satu kutub untuk listrik negativ.
-Saklar SPDT/Single pole Double Throw

Saklar kutub-tunggal lemparan-ganda.Umumnya digunakan sebagai saklar pemilih (selector) dua sirkuit, atau sebagai pengganti pasangan dua saklar SPST untuk efisiensi.

com = common | shared contact point, atau titik kontak umum | bersama.
- Saklar Type Thumbweel.

Saklar ini umumnya digunakan pada PCB (printed circuit board) | papan rangkaian tercetak elektronik, untuk meilih berbagai konfigurasi operasi.

Contohnya adalah seperti yang digunakan pada PCB komputer.

Untuk artikel berikutnya akan dibahas satu persatu dari jenis dan macam macam  yang saya sebutkan diatas.

Semoga bermanfaat.. :)

Artikel Terkait:

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s