Cara Menyambung Kabel Listrik Rumah

Terkadang agak susah kalau kita akan menyambungkan kabel yang putus, gampang-gampang susah sih dalam pelaksanaanya. kalo memang bisa diganti sebaiknya langsung di ganti tidak usah di sambung agar lebih aman dan mencegah panas, tapi ini sekedar saran seandainya kita akan menyambungkan kabel listrik yang putus.

1. Persiapan Alat Bantu.

Sebelum dilakukan penyabungan persiapkan bahan-bahan yang akan di butuhkan seperti gunting, isolasi, solder, klem kabel dan peralatan lainya. Pastikan kita mengetahui jalur kabel baik phasa maupun netral (wiring diagram).

2. Bekerja Tidak dalam kondisi bertegangan.

Pastikan pada saat penyambungan tidak terdapat tegangan atau arus mengalir, hal ini mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan jenis kabel.

Dalam penyabungan listrik tergantung jenis kabel yang digunakan, biasanya kabel yang di gunakan berjenis serabut atau pejal.

4. Cara Penyabungan.

untuk kabel yang bersifat pejal caranya dapat dengan di kupas bagian kulit kabel dan di putar/ pilin bersamaan dengan kabel sambungan.  Usahakan panjang kabel sama dan berputar searah jarum jam. Untuk kabel sambungan diusahakan menggunakan warna yang sama sehingga memudahkan dalam pengawatan kabel.

untuk kabel serabut sebaiknya menggunakan klem atau timah solder. Klem atau solder lebih memperkuat sambungan untuk kabel serabut di bandingkan apa bila kita menyabung kabel dengan cara di pilin. Untuk klem kabel gunakan besaranya sesuai dengan besaran kabel yang di sambung.

kabel

Kabel

5. Isolasi Penyambungan.

Setelah di lakukan penyambungan gunakan isolasi yang menjadi stadard SNI, isolasi sebaiknya di lakukan per jalur. Apa bila kabel terdiri dari 2 kabel utamakan satu kabel terlebih dahulu baru kemudian kabel lainya.

Selamat Mencoba… :)

Sumber gambar: http://www.indragunajayaelectrik.yolasite.com

Download:

Artikel Terkait:

About these ads

5 responses to “Cara Menyambung Kabel Listrik Rumah

  1. klo nyambung yg ada stop kontaknya gmna ,tolong bantu

  2. Indra Firmansyah

    Pastikan kita mengetahui kabel Phasa dan Netral, untuk pengecekan kita dapat menggunakan Test Pen.. Baru dapat kita lakukan penyambungan

  3. semoga bermanfaat :)

  4. Ping-balik: 2 Cara Cek Unfollowers Twitter | Answer and Guide

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s