Cara Kerja Kontaktor Listrik..

Penggunaan kontaktor listrik dalam sistem kontrol maupun sistem pendistribusian listrik sangat banyak manfaatnya, terutama dalam membantu sistem kontrol listrik maupun aplikasi sistem. Dahulu kontaktor berukuran besar dikarenakan bekerja dalam range arus besar, dan saat ini mulai banyak di temukan kontaktor dalam ukuran kecil (relay).

Untuk kontaktor dibedakan dari jenis tegangan kerjanya (24 V, 32V , 220V dst)tegangan ini dibutuhkan untuk menggerakan Coil yang ada di dalam kontaktor. Kegunaan kontaktor ada yang digunakan untuk keperluan pengoprasian motor atau pun hanya di gunakan dalam rangkaian kontrol yang terdapat di dalam mesin-mesin industri.  setiap kontaktor di lengkapai dengan kontak relay bantu (NO/Normaly Open/no.13-14) dan (NC/Normaly Close/no. 21-22)) selain kontak utama( 1-2, 3-4, 5-6), pada saat coil (no. A1-A2) kontaktor mendapatkan tegangan sehingga mengalirkan arus yang mengubah coil menjadi medan magnet dan menarik spul menekan kontaktor, sehingga yang awal posisinya terbuka menjadi tertutup begitu jugan degan relay pembantuan lainya.

Penggunaan kontaktor dalam waktu lama di butuhkan perawatan yang intensif mengingat peralatan tersebut selalu bergerak (Terbuka/ Tertutup) sehingga di takutkan dapat menyebabkan korosi, terdapat debu, karat pada bagian yang terbuka sehingga dapat menyebabkan percikan api akibat debu atau pun meleleh pada material yang bergerak akibat panas yang tidak merata .

Disarankan untuk kontaktor dilakukan pembersihan dan kalo di perlukan di lakukan pengecekan yang bekala.

Relay

semoga membantu.

Artikel Terkait:

About these ads

4 responses to “Cara Kerja Kontaktor Listrik..

  1. Gan mau tanya, apakah sudah ada/dibuat pabrik alat pemutus aliran listrik ketika tegangan listrik di rumah tiba-tiba naik/berlebih kalo ada apa nama alatnya dan di mana bisa pesan.

    Mohon info ke asepsp@gmail.com Terima kasih,

    ttd.
    Asep S.

    • terima kasih atas pertanyaanya.. salah satu jawabanya dapat menggunakan stabilizer atau Ups..
      untuk pemesannanya sudah banyak di pasaran terima kasih.

      tetap semangat…

  2. gan mau tanya,knp kontaktor klo saklar bantuny d on,magnetny g bekerja normal(selalu lepas terus) g mau nempel…trims

    • Kang, hal ini ada beberapa sebab jadi harus di lihat rangkaian secara keseluruhan, salah satunya adalah saklar pengunci yang seharusnya pada saat bekerja dia tertutup (close), malah terhubung terbuka (open).. Sehingga coil tidak terkunci sempurna.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s